TERBARU

Senin, 22 April 2013

Hari Ulang Tahun (HUT) Paskibra 159 SMA Negeri 1 Sungguminasa

Tepat pada tanggal 6 Maret 2013 yang lalu Paskibra 159 SMA Negeri 1 Sungguminasa genap berusia 2 Tahun. Organisasi yang digagas sejak tahun 2004 ini berhasil menjaga eksistensi melewati badai pendidikan gratis di Kabupaten Gowa yang menyebabkan hilangnya sumber dana organisasi-organisasi sekolah di tingkat SMA.

Tahun ini Paskibra 159 merayakan Hari Ulang Tahunnya dengan beberapa kegiatan yang bertema kreatif dalam bingkai nasionalis. Mulai dari kegiatan penggalangan dana, kegiatan sosial, dan perayaan puncak acara dalam bentuk ramah tamah.

Nur Rahma Indah selaku Koordinator Divisi Dana dan Usaha berhasil terpilih menjadi Ketua Panitia HUT Paskibra 159 yang Kedua sesuai dengan hasil  keputusan musyawarah dalam Rapat Pertama.

HUT Paskibra 159 yang Kedua ini dilaksanakan mulai bulan Maret s/d April dengan rangkaian kegiatan sebagai berikut:

1.      Bazar

Bazar adalah kegiatan yang pertama, dilaksanakan pada Sabtu, 2 Maret 2013 di New Mario Pool and Cafe. Bazar ini adalah bentuk penggalangan dana yang akan digunakan pada seluruh rangkaian kegiatan HUT Paskibra 159 yang Kedua.

Peserta bazar adalah siswa-siswi SMA Negeri 1 Sungguminasa, teman dan juga keluarga dari seluruh anggota paskibra 159 dan Ikatan Keluarga Purna Paskibra 159.

Bazar selesai sekitar pukul 23.00 WITA dan alhamdulillah, dengan hasil yang memuaskan, pelaksanaan bazar juga ternyata berdampak positif karena keakraban Paskibra 159 dan siswa-siswi SMA Negeri 1 Sungguminasa semakin erat.

2.      Lomba Cipta dan Baca Puisi

Puisi dengan tema nasionalis sudah jarang kita jumpai saat ini, karena itu Lomba Cipta dan Baca Puisi dipilih sebagai salah satu kegiatan dalam rangka memperingati HUT Paskibra 159 yang Kedua.

Lomba Cipta dan Baca Puisi ini dikhususkan untuk siswa-siswi SMA Negeri 1 Sungguminasa denga tema puisi Menolak Lupa pada Sejarah.

Lomba Cipta dan Baca Puisi ini dilaksanakan pada Sabtu, 16 Maret  2013 di aula SMA Negeri 1 Sungguminasa yang sebelumnya puisi  yang ciptaan dikumpulkan pada H-1 pelaksanaan kegiatan.

Juri pada Lomba Cipta dan Baca Puisi adalah para guru bidang studi Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Sungguminasa dengan beberapa aspek penilaian yang membuat para peserta harus bersaing baik dalam penciptaan maupun dalam pembacaan puisinya.

Lomba Cipta dan Baca Puisi ini memperebutkan hadiah Uang Tunai dan juga piagam penghargaan dari Panitia pelaksana, dan pada akhirnya telah diperoleh hasil juaranya yaitu:

> Juara I : Halimah Nur Fitri (kelas XII IPS 3)
> Juara II : Desgita Citra Maharani (kelas XI IPA 3)
> Juara III : Muh. Nur Rachmat (kelas XI IPA 2)

3.      Jalan Sehat Bersama Paskibra 159


Setelah Lomba Cipta dan Baca Puisi selesai dilaksanakan, kegiatan berikutnya adalah Jalan Sehat Bersama Paskibra 159 SMA Negeri 1 Sungguminasa dengan maksud mengajak orang lain untuk mengisi akhir pekannya dengan jalan bersama untuk kesehatannya.

Jalan Sehat Bersama dilaksanakan pada Minggu 31 Maret 2013, start dan finish di SMA Negeri 1 Sungguminasa. dengan rute keliling sungguminasa.


Jalan Sehat Bersama ini adalah kegiatan yang terbuka untuk umum, tidak seperti Lomba Cipta dan Baca Puisi yang dikhususkan hanya untuk siswa-siswi SMA Negeri 1 Sungguminasa karena itu peserta yang mengikuti Jalan Sehat Bersama Paskibra 159 berasal dari berbagai kalangan, mulai dari siswa-siswi SD sampai dengan ibu-ibu dan bapak-bapak yang sedang menikmati akhir pekannya. 

Jalan Sehat Bersama Paskibra 159 yang dimulai pukul 07.00 WITA ini dilepas langsung oleh Kepala SMA Negeri 1 Sungguminasa, Ibu Dra. Hj. Andi Wartiah MM dengan jumlah peserta sekitar 1000 orang.



Kegiatan ini tak hanya jalan keliling sungguminasa, tapi juga ada beberapa hiburan yang disiapkan oleh panitia, diantarnya adalah penampilan band akustik, penampilan Salis Cheers, dan pengundian doorprize. Juga hiburan dari admin akun anonim dari @berbikiu yaitu @panaicera_ @pagombal_ @bolang_mks @tribungtimur dan @MOKOAPA

Acara selesai pukul 12.00 WITA.

4.      Paskibra 159 Peduli Anak Yatim

Paskibra 159 Paduli Anak Yatim adalah kegiatan sosial yang melibatkan saudara-saudari kita di Panti Asuhan yang berlangsung pada Jum’at 5 April 2013 pukul 14.00 WITA.


Paskibra 159 Peduli Anak Yatim ini mengunjungi 3 tempat yaitu Panti Asuhan Yuda Mandiri, Nur Akbar, dan Gua Qiirah yang berada di Kabupaten Gowa. 

Pada kegiatan ini, Paskibra 159 mendistribusikan barang-barang sumbangan berupa pakaian bekas layak pakai, makanan pokok, dan alat tulis.

Tak hanya itu, paskibra 159 juga  menggelar do’a  bersama dengan anak-anak yatim di Panti Asuhan sebagai bentuk rasa syukur karena sampai hari ini paskibra 159 tetap berdiri.

5.      Malam Puncak Peringatan HUT Paskibra 159

Selesainya empat kegiatan di atas, peringatan Hari Ulang Tahun Paskibra 159 yang Kedua ini ditutup dengan acara ramah tamah dalam Malam Puncak Peringatan HUT Paskibra 159.

Kegiatan ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sungguminasa pade tanggal 6 April 2013, yang di mulai pada pukul 19.00 WITA hingga selasai dan dihadiri oleh para orang tua dari Anggota Paskibra 159 dan tamu undangan lainnya.

Pada Malam Puncak Peringatan HUT Paskibra 159 ini dilakukan Pelantikan Pengurus Paskibra 159 periode 2012/2013, Peresmian Markas Paskibra 159 yang ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Kepala SMA Negeri 1 Sungguminasa dan Pengurus Paskibra 159 Periode 2012/2013 , Peresmian Ikatan Keluarga Purna Paskibra 159 (IKPP 159)

Tak hanya itu, beberapa acara hiburan juga telah disiapkan oleh panitia seperti pembacaan puisi oleh Juara Lomba Cipta dan Puisi, penampilan Sanggar Seni SMA Negeri 1 Sungguminasa dan juga pemutaran Film Dokumenter Jejak Langkah Paskibra 159.

Itulah rangkaian-rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh Paskibra 159 SMA Negeri 1 Sungguminasa  dalam memperingati Hari Ulang Tahun yang kedua. Kami mengucapkan terima kasih kepada XL Axiata, Teh Mirai Ocha, Tribun Timur, Bosowa Radio. Madama Radio, I-Radio Makassar, dan Kakak-kakak IKPP159 serta seluruh pihak yang telah mendukung dan ikut menyukseskan acara HUT Paskibra 159 yang Kedua. Semoga kedepannya Paskibra 159 tetap jaya.

Salam Paskibra!!!

0 komentar: